Praktikum respirasi jangkrik berat tubuh

Kadar O2, Bila kadar oksigen rendah maka frekuensi respirasi akan meningkat sebagai kompensasi untuk meningkatkan pengambilan oksigen. Respirasi dapat berlangsung dengan 2 cara, yaitu: Trakeolus ini mempunyai fungsi yang sama dengan kapiler pada sistem pengangkutan transportasi pada vertebrata.

Perbedaan antara respirasi dengan pernapasan perlu dipahami terutama karena pada pemakaian umum istilah respirasi sering disamakan dengan pernapasan. Persamaan reaksi proses respirasi aerob secara sederhana dapat dituliskan: Pada hewan tingkat rendah O2 langsung berdifusi melalui permukaan tubuh, pada serangga adalah trakea, kalajengking dengan paru-paru buku, ikan dengan insang, katak dengan paru-paru, kulit dan rongga mulut, reptile dengan paru-paru, dll panduan primagama.

Tipe dan umur tumbuhan. Mengamati dan mencatat perubahan kedudukan eosin pada skala setiap 2 menit 10 detik sampai pipa berskala menunjukan angka 0. Yang mana oksigen di dalam repirometer tersebut dapat dihitung dari skala yang ada melalui pergerakannya.

Selain itu dtemukan penyimpanan udara, dimana satu selaput atau gelembung air menempel pada tubuh. Demikian sebaliknya, bila substrat yang tersedia cukup banyak maka laju respirasi akan meningkat.

Sistem utama transport gas-gas pada serangga adalah sistem trakhea.

Praktikum Respirasi pada Serangga

Dengan demikian, darah pada serangga hanya berfungsi mengangkut sari makanan dan bukan untuk mengangkut gas pernapasan. Kuosien respirasi Jika karbohidrat misalnya sukrosa fruktan atau pati merupakan substrat rspirasi dan jika mereka secara sempurna dioksidasi maka volume O2 yg diambil persis berimbang dengan CO2 yang dilepas.

Kemudian udara dan spirakel menuju pembuluh — pembuluh trakea dan selanjutnya pembuluh trakea bercabang lagi menjadi cabang halus yang disebut trakeolus. Penggunaan eosin atau tinta pada percobaan dapat menunjukkan skala oksigen yang di gunakan pada proses respirasi jangkrik.

Dengan melihat skala pada pipa respirometer. Kemudian memasukkan setetes eosin menggunakan pipet. Secara sederhana, reaksi kimia yang terjadi dalam respirasi dapat dituliskan sebagai berikut: Alat dan bahan: Alat respirasi pada berbagai hewan berbeda-beda.

Percobaan Kedua 1. Bernapas adalah proses memasukkan serta mengeluarkan udara ke dan dari dalam tubuh. Fungsi dari KOH dalam percobaan adalah untuk mengikat gas buangan karbondioksida dari pernafasan jangkrik.

Air kapur yang telah disediakan di tiup menggunakan sedotan beberapa saat. Sehingga tekanan udara menjadi lebih kecil dibandingkan tekanan diluar sebagai akibatnya udara diluar yang kaya oksigen masuk ke trakea, sistem trake berfungsi mengangkut oksigen dan mengedarkan keseluruh tubuh, sebaliknya mengangkut karbondioksida hasil respirasi dikeluarkan dalam tubuh.Selain itu faktor-faktor yang mempengaruhi sistem respirasi adalah: berat tubuh, aktivitas tubuh, suhu tubuh, dan usia.

Percobaan Kedua Air kapur yang sudah ada di dalam tabung reaksi, ditiup perlahan-lahan menggunakan sedotan sehingga lama-kelamaan air akan berubah menjadi lawsonforstatesenate.com: Apa Ajaaah.

· Karena adanya kontraksi tubuh yang menjadikan tubuh serangga kembang kempis sehingga pembuluh trakea ikut kembang kempis.

Akibatnya udara dapat beredar keseluruh bagian sel tubuh dan diedarkan oleh trakeolus yaitu cabang-cabang kecil trakea yang menembus jaringan kecil.

Berikut ini tip dan trik agar praktikum respirasi pada serangga ini berhasil dengan bagus. Gunakan sampel hewan (jangkrik) dengan ukuran tubuh/berat lebih besar.

Tubuh/berat lebih besar membutuhkan oksigen lebih banyak sehingga gerakan eosin lebih mudah diamati. Dari data yang dihasilkan, maka dapat diketahui bahwa jangkrik kecil memerlukan lebih banyak oksigen dalam pernapasan, daripada jangkrik besar.

Hal ini, dikarenakan ukuran tubuh dan aktivitas jangkrik merupakan faktor yang mempengaruhi dalam proses respirasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi respirasi diantaranya: Berat tubuh, Semakin berat tubuh suatu organisme, maka semakin banyak oksigen yang dibutuhkan dan semakin cepat proses respirasinya.

Ukuran tubuh, Makin besar ukuran tubuh maka keperluan oksigen makin lawsonforstatesenate.com: Dosso Sang Isahi. Data Hasil Pengamatan NO Berat tubuh Hewan Skala kedudukan Eosin per 2 menit 1 2 Author: Ana Marutti.

Praktikum respirasi jangkrik berat tubuh
Rated 3/5 based on 30 review